makalah prinsip kerja komputer

MAKALAH
PRINSIP KERJA KOMPUTER
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah: Teknologi Informasi
Dosen Pengampu: M. Chodzirin, M. Kom.


Disusun oleh:
    Jazilaturrohmah                         (1604026099)
                                         Umi Kulsum                              (1604026104)

PROGRAM STUDI TAFSIR HADITS
FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
TAHUN AJARAN 2016/2017








BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Teknologi informasi saat ini sangat berkembang di masyarakat. Umumnya Teknilogi informasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengolah data, meliputi didalamnya: memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan kualitas dan daya guna yang tinggi. Perkembangan Teknologi Informasi pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Dalam bidang pendidikan Teknologi Informasi banyak memiliki perananan penting, misalkan: Teknologi Informasai seakan telah menjadi pengalih fungsian buku, guru dan system pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional.
Pada umumnya system kerja computer terdiri dari perangkat keras computer (hardwere) dan perangkat lunak computer (softwere). Secara fisik, computer terdiri dari beberapa komponen yang telah disebutkan tadi dan komponen-komponen tersebut saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada pada computer dengan baik. Dan kita akan membahas hal tersebut lebih lanjut dalam makalah di bawah ini.


B.     Rumusan Masalah
1.      Apa Pengertian Komputer?
2.      Apa Saja Komponen yang Terdapat di Dalam Komputer?
3.      Bagaimana Prinsip Kerja Komputer?










BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Komputer
Semula kata komputer berasala dari bahasa Latin “computare” dan bahasa Inggris “compute” yang berarti peralatan untuk menghitung. Sesuai dengan kemajuan teknologi, fungsi computer semakin berkembang , tidak hanya semata-mata sebagai alat hitung. Computer sekarang dapat digunakan untuk membuat surat, membuat grafik, bermain musik, mengontrol suatu alat/mesin, melakukan transaksi pemesanan barang, menjelajahi ke pusat data di berbagai tempat (internet) dan lain-lain.
Secara umum computer memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
-          Merupakan gabungan dari peralatan elektronik
-          Mampu menerima, mengolah dan menyimpan data
-          Mampu menghasilkan informasi sesuai dengan perintah dari program.
Jadi, secara singkat definisi computer adalah suatu system elektronik yang digunakan untuk menerima, mengolah dan menyimpan data secara cepat dan tepat, serta menghasilkan informasi sesuai program yang digunakan.

B.     Komponen-Komponen Komputer
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu:
1.      Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari computer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware terdiri dari:
a.       Input/Output Device (I/O), terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer
b.      Storage Device (perangkat penyimpanan), merupakan media untuk menyimpan data, seperti: disket, hardisk, CD-I, flash disk dll.
c.       Monitor/Screen Monitor, merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU)
d.      Casing Unit, adalah tempat dari semua peralatan computer, baik itu berupa motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). Casing Unit ini disebut juaga dengan System Unit.
e.       Central Procesing Unit, adalah salah satu bagian computer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis computer. Baik tidaknya suatu computer, jenis computer, harga computer, ditentukan terutama oleh jenis prosesnya. Semakin http://home.xandros.com/ canggih prosesor computer, maka kemampuan akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
2.      Software (perangkat lunak), merupakan program-program computer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh computer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
a.       System Operasi, adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada computer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. seperti: DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows. Tanpa adanya system operasi maka computer tidak dapat difungsikan sama sekail.
b.      Program Utility, seperti: Norton Utility, Scandisk, PC Tools dll. Program Utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya:  PCTools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools dapat memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan Program Utility dapat dikembalikan lagi.
c.       Program Aplikasi, merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen lain. Biasanya program ii dibuat oleh seorang programmer computer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna kebutuhan interennya.
d.      Program Paket, adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti: MS-office dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
e.       Bahasa Pemrograman (misalnya: PHP, ASP, dBase, Visual Basic dll), merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program computer. Bahasa pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 bagaian:
Ø  Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena bahas intruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanya pembuatnya saja.
Ø  Midle Level Language, merupakan bahas pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena menggunakan banyak singkatan-singkatan seperti: STO (singkatan dari STORE) artinya simpan dan MOV (singkatan dari MOVE) artinya pindah.
Ø  High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang memiliki ciri mudah dimengerti , karena menggunakan bahasa sehari-hari seperti: BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.
3.      Brainware (User)
Brainware adalah personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakain computer, seperti: system analis, programmer, operator, user dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing) atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP. Kalau dilingkup ptpn di kelola oleh PDE dan SIM.

C.    Prinsip Kerja Komputer
Pada dasarnya computer terdiri dari 3 prinsip , yaitu:
1.      Input Device, merupakan perangkat keras computer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori computer, seperti: keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
2.      Processor, merupakan perangkat utama computer yang mengelola seluruh aktifitas computer, yaitu CPU (Central Processing Unit) yang merupakan otaknya computer.
3.      Output Device, merupakan perangkat computer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya: printer, monitor dan banyak yang lainnya.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa prinsip kerja computer tersebut diawali dengan memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut di olah sedemikian rupa oleh CPU sesuai dengan yang kita inginkan, dan data yang telah diolah tadi di simpan  dan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran, misalnya melalui monitor atau di cetak melalui printer.


Komentar