Melestarikan Alam di Daerah Perkotaan

            Alam merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu,“Nature”, yang berasala dari kata latin “Natura”. Alam merupakan permukaan bumi yang di mana di dalamnya tidak ada aktifitas manusia melainkan alam ini merupakan tempat yang natural, sehingga alam sangat dilindungi untuk kehidupan hewan dan makhluk-makhluk lainnya.
Alam merupakan bagian dari planet bumi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sebenarnya alam diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga manusia wajib menjaganya. Namun, di era modern seperti sekarang ini, manusia menginginkan hidup yang serba instan dan mewah sehingga tidak memikirkan dampak buruk yang terjadi terhadap alam sekitar.
            Padahal di dalam beberapa hadits telah dijelaskan tentang keharusan untuk melestarikan alam, diantaranya:
1.  مَنْ اَحْيَى اَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ (رواه الترمذى عن جابر بن عبد الله)
Barang siapa menghidupkan suatu bumi yang mati, maka bumi itu baginya (miliknya). (H.R. at-Tirmizi dari Jabir bin Abdullah No. 1300)
2.  مَنْ حَفَرَ بِئْرًا فَلَهُ اَرْبَعُوْنَ ذِرَاعًا عَطَنًا لِمَا شِيَتِهِ (رواه ابن ماجه عن عبد الله بن مغفل)
Barangsiapa menggali suatu sumur, maka ia (berhak) empat puluh hasta sebagai kandang ternaknya. (H.R. Ibnu Majah dari Abdullah bin Mugaffal No. 2477)
3.  نَهَى رَسُوْلُ الله ِصَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ اِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَاْلبَهَائِمِ (رواه أحمد عن ابن عمر)
Rasulullah Saw melarang mengebiri kuda dan binatang-binatang. (H.R. Ahmad dari Ibnu Umar No. 4539)
4.  اَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ وَعَنْ اِخْصَاءِ اْلبَهَائِم نَهْيًا شَدِيْدًا (رواه البزار)
Sesungguhnya Nabi Saw, melarang (seseorang) mengurung setiap yang bernyawa dan mengebiri binatang-binatang dengan larangan yang keras. (H.R. al-Bazzar dari Ibnu Abbas)
            Dari beberapa hadits di atas telah jelas bahwa kita wajib menjaga alam sekitar kita dan semua yang ada di dalamnya.


Alam di Daerah Perkotaan
            Di lihat dari kondisi lingkungan dan alam di daerah perkotaan yang sudah sangat tercemar, mulai dari pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah yang sudah sering kita lihat. Maka, kemungkinan besar alam yang berada di daerah perkotaan sudah hampir punah bahkan mungkin tidak ada. Sedangkan sebagian besar hidup kita tergantung pada alam ini, apalagi di daerah perkotaan yang sangat padat penduduk. Contohnya, dari alam sendiri kita sangat membutuhkan air yang bersih, tanah yang subur, udara yang bersih, dan lain-lain.
            Ada beberpa faktor yang menyebabkan rusaknya alam di daerah perkotaan diantaranya: dari segi pencemaran udara, sekarang di daerah perkotaan sudah sebagaian besar penduduknya menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, yang banyak mengeluarkan CO2, sehingga tumbuhan tidak mampu menyerap CO2 tersebut dan mengakibatkan polusi udara. Serta banyaknya pabrik-pabrik yang meneluarkan asap. Dari segi pencemaran tanah, banyak pabrik-pabrik yang membuang limbahnya ke tanah sehingga tanah yang tadinya subur tidak dapat ditanami lagi karena banyak mengandung zat-zat kimia. Dari segi pencemaran air, banyaknya limbah pabrik dan sampah-sampah yang di buang ke sungai, sehingga menjadikan air tersebut tercemar.
            Faktor penyebab kerusakan alam yang telah dijelaskan di atas sangat berakibat buruk, baik bagi alamnya itu sendiri maupun bagi penduduk yang berada disekitarnya. Kebanyakan penyebab kerusakan merupakan ulah manusia itu sendiri, akibatnya banyak warganya terserang penyakit karena lingkungannya sudah tercemar, tanahnya tidak subur karena sudah mengandung banyak zat kimia sehingga tumbuhan sulit di tanam, sering terjadinya banjir karena limbah pabrik dan sampah di mna-mana, kesulitan mencari air bersih karena airnya sudah tercemarsemua dan lain sebagainya.

            Penyebab kerusakan alam sebagian besar merupakan kesalahan manusia sehingga penanggulangannya harus dari kesadaran manusia itu sendiri. Contohnya: upaya penanggulangan dari pencemaran udara, misalnya kita harus mngurangi pemakaian kendaraan pribadi, selain menjaga kelestarian alam juga mengurangi kemacetan. Upaya penanggulangan dari pencemaran tanah, yaitu dengan tidak membuang limbah pabrik pada tanah dan buanglah pada tempat pembuangan limbah pabrik, dan melakukan reboisasi sehingga tanah perkotaantidak gersang lagi. Upaya penanggulangan dari pencemaran air, lagi-lagi kesadaran masyarakat berperan penting disini yaitu dengan tidak membuang limbah pabrik maupun sampah ke sungai dan tidak menangkap ikan dengan bahan peledak atau racun sehingga tidak mencemari sungai dan menjaga ekosistem didalamnya. Dari upaya-upaya penanggulangan di atas tentunya kesadaran manusialah yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan dan alam di sekitarnya. Atas kesadaran manusia untuk melestarikan alam dan melakukan penanggulangan tersebut diharapkan lingkungan dan alam perkotaan tidak tercemar lagi sehingga warga bisa hidup dengan nyaman dan tidak merasa khawatir akan penyakit yang akan datang, karena sudah menjadi tugas makhluk bumi untuk menjaga alam agar tetap indah, dan asri.

Komentar